Categories
Uncategorized

Apa Itu Media Sosial?

Media sosial adalah alat digital apa pun yang memungkinkan pengguna membuat dan membagikan konten dengan cepat kepada publik. Media sosial mencakup berbagai situs web dan aplikasi. Beberapa, seperti Twitter, mengkhususkan diri dalam berbagi tautan dan pesan tertulis singkat. Lainnya, seperti Instagram dan TikTok, dibuat untuk mengoptimalkan berbagi foto dan video.

Media sosial mengacu pada situs web dan aplikasi yang dirancang untuk memungkinkan orang berbagi konten dengan cepat , efisien, dan dalam waktu nyata. Sementara banyak orang mengakses media  melalui aplikasi ponsel cerdas, alat komunikasi ini dimulai dengan komputer, dan media  dapat merujuk ke alat komunikasi internet apa pun yang memungkinkan pengguna untuk berbagi konten secara luas dan terlibat dengan publik.

Beberapa situs media sosial sangat populer di kalangan kelompok populasi tertentu

Untuk Snapchat dan Instagram, ‘gradien usia’ sangat curam – popularitas platform ini turun lebih cepat seiring bertambahnya usia. Mayoritas orang di bawah 25 tahun menggunakan Snapchat (73%), sementara hanya 3% orang di atas 65 tahun yang menggunakannya.

Karena platform ini relatif baru, sulit untuk mengetahui seberapa besar gradien usia ini merupakan hasil dari “efek kelompok”. Dengan kata lain: tidak jelas apakah anak muda saat ini akan terus menggunakan Snapchat seiring bertambahnya usia. Jika ya, gradien usia akan menyempit.

Jenis Media Sosial

Ada banyak jenis media sosial, dan banyak layanan dapat masuk ke dalam berbagai kategori. Berikut adalah beberapa jenis utama, bersama dengan beberapa contoh.

Jaringan sosial

Jaringan sosial mengkhususkan diri dalam menghubungkan dan bertukar pikiran, ide, dan konten dengan pengguna lain — seringkali dengan pengguna yang memiliki selera dan minat yang sama. Facebook dan Twitter adalah contoh jejaring sosial. 

Jaringan Media

Berbeda dengan jejaring sosial, yang berspesialisasi dalam membiarkan pengguna berbagi dan bertukar pikiran dan ide mentah, jaringan media berspesialisasi dalam mendistribusikan konten seperti foto dan video. Instagram dan YouTube adalah contohnya. Seorang pengguna YouTube, misalnya, akan mengupload video yang mereka buat, dan pengguna lain dapat “menyukai”, “tidak menyukai”, atau mengomentari video tersebut. Jika mereka cukup menikmati video tersebut, pengguna dapat memilih untuk “berlangganan” ke pembuatnya, sehingga video baru dari pembuat tersebut muncul di umpan mereka.

Jaringan Diskusi

Jaringan diskusi seperti Reddit adalah outlet ideal untuk posting yang dapat memicu diskusi mendalam di antara pengguna. Pengguna dapat meninggalkan tanggapan rinci di bagian komentar, dan pengguna lain dapat menanggapi langsung komentar tersebut, memungkinkan percakapan tumbuh dan berkembang secara organik.

One reply on “”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *